Berita   |   14 September 2023

Inovasi Baru dan Produk Baru dari karuun®. Material Pertama Dari Alam Untuk Menggantikan Plastik di Masa Depan

Inovasi Baru dan Produk Baru dari karuun®. Material Pertama Dari Alam Untuk Menggantikan Plastik di Masa Depan Banner

Pada saat ini, dunia sedang berjuang dengan dampak lingkungan dari polusi plastik, pencarian alternatif berkelanjutan belum pernah sebelumnya menjadi begitu penting. Di tengah perburuan global untuk bahan-bahan ramah lingkungan, bahan mentah yang hampir terlupakan telah diubah menjadi inovasi revolusioner, yaitu karuun®. Pengembangan luar biasa ini tidak hanya menandai lahirnya bahan teknologi alam pertama tetapi juga mewakili jawaban ekologis yang mendalam terhadap krisis plastik. 

 

Dalam penciptaan sebuah produk, VIVERE Group hadir dengan memberikan inovasi yang tak hanya menyegarkan mata, tetapi juga memperhatikan lingkungan dan memanfaatkan bahan alami. karuun® merupakan sebuah material yang dibuat melalui proses hemat energi dengan cara mengubah struktur alami dari pohon rotan menjadi bahan baku yang dapat bertahan dengan lama dan karuun® juga dapat dikatakan sebagai alternatif bagi penggunaan plastik.

 

Proses pembuatan karuun® dilakukan secara efisien, terfokus pada karakteristik ikatan pembuluh rotan yang mampu menggunakan teknologi pemrosesan berpaten kami memanfaatkan bundel vaskular khas rotan, yang memungkinkan perlakuan pada seluruh penampang batang rotan untuk pertama kalinya. Melalui proses pigmentasi sinar UV yang tahan lama dapat diinjeksikan ke dalam kapiler batang rotan yang sudah dikupas dengan konsumsi energi minimal. Batang rotan karuun® diolah menjadi bentuk persegi dan kemudian digabungkan menjadi panel atau dipadatkan menjadi blok. Yang menakjubkan, serat yang dipotong dari rotan juga dapat diolah menjadi berbagai produk lain.

karuun® menawarkan berbagai aplikasi bergantung pada arah pemotongan selama proses pembuatan. Pemotongan secara vertikal menghasilkan karuun® Stripe dan karuun® 3D yang kuat dan mudah dibentuk, sementara pemotongan secara horizontal menciptakan karuun® Shine yang transparan dan memungkinkan udara melewatinya. Meskipun mengalami modifikasi substansial, karakteristik bawaan bahan tetap utuh, dengan struktur serat batang rotan yang tak terbantahkan berjalan melalui permukaannya.

 

Selama beberapa dekade terakhir, bahan buatan manusia hampir menggantikan produk rotan, dan sejarah keberlanjutan rotan hampir dilupakan. Namun, melalui budidaya rotan yang sadar, kita akhirnya dapat memenuhi janji kita untuk melindungi hutan tropis dan memeluk pendekatan baru dalam ekonomi berputar modern. Hutan tropis tidak hanya penting bagi mata pencaharian banyak orang dan habitat berbagai tanaman dan hewan, tetapi juga menyerap sekitar 250 miliar ton CO2 per tahun. Itu sekitar 90 kali emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas manusia!

 

Rotan bergantung pada keanekaragaman hayati. Ini tidak tumbuh dalam monokultur, sehingga secara alami membentuk simbiosis dengan pohon-pohon di sekitarnya. Singkatnya, rotan memerlukan hutan hujan untuk berkembang. Rotan adalah sumber daya yang dapat diperbarui yang tumbuh seperti tanaman merambat, memanjat dari pohon ke pohon, dan dipanen dengan tangan oleh petani lokal - cara yang paling ramah lingkungan. Dengan membeli dan menggunakan rotan untuk karuun®, kita meningkatkan nilai hutan tropis dan memberikan insentif untuk melestarikan sumber daya hutan

 

 

Back

Loading